Friday, October 21, 2011

Jobseekers dan permainan perasaan*tsaaah

Bismillah..
Assalamu’alaykum rerencangan!!!

Lagi nyari kerja ya?
Sedang mencari kerja?
Searching for a job?
Kalo begitu kita sama..*haha

Setelah lulus kuliah yang dilewati dengan perjuangan yang bukan main2 susahnya, darah, keringat dan air mata, tentu bukan main senangnya dan bangganya kita telah berhasil melewati fase2 tersebut. Naaah..tapi jangan santai2 dulu, foya2 waktu, ongkang2 kaki. Cepat turunkan kakimu..fase kehidupan yang baru telah menunggu..MENCARI PEKERJAAAAN!!!*jeng..jeng

Mostly dari kalian tentu sudah tergabung dengan website favorit para jobseeker di Indonesia kan? Yap, such as Job*treet.com atau mungkin Job*b.com atau mungkin i*pns.com atau juga l*itku.com atau yang lainnya. Di website2 itu begitu banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan dari yang statusnya BUMN, BUMS, BUMD bahkan koperasi. Tapi yang jadi masalah *naah disini baru boleh nyalain backsound. perusahaan yang ada di website2 itu juga ada yang berstatus perusahaan asli dan perusahaan siluman walopun bukan fake address tapi mereka fake status sodara2. Perusahaan seperti ini di dunia pergugelan dan perkaskusan yang say abaca disebutnya perusahaan feature. Sebenernya perusahaan ini gak sepenuhnya ngeboongin kita sih. Dari beberapa hasil penelusuran internet, mereka itu tetep mau ngasih kerjaan tapi mangkelinnya, pekerjaan itu gak sesuai dengan apa yang kita lamar.

Modus dari perekrutan perusahaan ini adalah tiba2 menelepon si calon yang akan direkrut, menyatakan bahwa mereka telah menerima lamaran kita untuk posisi..blablabla dan lalu membuat janji interview. Nah setelah si calon menghadiri interview dia akan ditanya2 hal2 yang katanya sih Cuma seputar CV aja bukan pertanyaan2 yang berat2. Setelah itu, si calon diminta menunggu hasil interview dan akan dihubungi dalam rentang massa tertentu. Jika si calon lulus (tapi sepertinya pasti lulus sih) maka dia akan mengikuti training yang akan dilaksanakan perusahaan dalam beberapa hari.

Hal yang menjadi masalah adalah hampir semua pelamar di perusahaan tersebut akan diposisikan sebagai marketing terlebih dahulu atau lebih dikenal sebagai sales. Saya ulangi lagi sebagai sales. Boleh saya ulangi lagi?sebagai sales. Memang tidak ada yang salah dengan pekerjaan sales. Sales kan pekerjaan halal, ya kan? Cuma yang salah adalah perusahaan itu menjatuhkan ekspektasi para pelamar yang sudah kadung menggantungkan harapan begitu tinggi untuk bisa mendapat posisi assistant manager, HR Staff, Accounting Staff atau juga Management Trainee. Itu saja..tidak ada yang salah dengan pekerjaan sales, hanya permainan perasaan itu saja*asseeek

Hmm..kenapa saya bikin tulisan bertemakan ini?pertama adalah karena saya sudah berpengalaman ditelepon oleh perusahaan seperti ini*haha(ketawa ngenes) dan yang kedua, karena saya gak mau lebih banyak lagi jobseeker yang mengalami hal seperti ini nantinya karena ini terkait dengan ongkos kalian yang kadung dibuang2 untuk sebuah perusahaan palsu.
Oia, mau tau pengalaman saya tentang jenis2 perusahaan seperti ini?

Pengalaman pertama saya adalah dari perusahaan barcode creator yang kantornya berada di sebuah gedung besar warna hijau tosca di depan patung pancoran. Lowongannya adalah data entry dengan gaji menggiurkan 1jt/minggu. Angan saya berpendapat betapa bahagianya jika bisa dapet pekerjaan itu. Setelah berkostum rapi jali dan penuh perjuangan naik kereta dan bis, akhirnya saya nyampe sana. Saya pun nanya receptionist perihal keberadaan pastinya si perusahaan ini. Anehnya, mereka bahkan pada gak tau. Tak menyerah, saya nanya ke OB yang seharusnya satu lantai sama perusahaan itu juga ternyata dia gak tau. Wahh mencurigakan banget ini mah. Tapi saya yang waktu itu adalah seorang anak baru di dunia jobseeker, tanpa rasa curiga tetap cengar-cengir aja sambil nyari alamat (persis ayu ting ting). Akhirnya ketemu deh tu lapaknya. Saya pun masuk dan disuruh ngisi formulir interview. Dengan wajah riang gembira, saya keluarkan pulpen item punya bapak kebanggaan saya buat ngisi formulir itu*hueee nyesel dah. Dan taukah anda? ternyata perusahaan itu hanya berupa satu ruangan kecil yang hanya berisi satu meja dan satu kursi serta satu orang bermata sipit. ketemu sama orangnya sepertinya beliau takjub sekaligus kasian sama saya. Mungkin dalam hatinya, “Wanita berjilbab panjang begini mana pantes jadi sales, disangka teroris iya.he2”. pembicaraan kami seputar cv aja dan pengetahuan saya tentang data entry. Orang bermata sipit itu juga dengerinnya kayaknya emoh2an gitu sambil grosok2an ngebolak/ik cv saya. Ternyata interviewnya Cuma sebegitu doank, gak ada 10 menit deh. Sebagai penutup, untuk mempermanis, orang itu bilang “nanti kalau kamu ditelepon lagi buat ikut training, kamu ikut aja ya” dulu dalam hati saya bergejolak saking senengnya*maklum anak polos, tapi sekarang mungkin saya bakal bilang langsung ke orangnya “ogah”.

Pengalaman yang kedua adalah suatu pagi di tanggal 21 oktober 2011 (tepatnya hari ini). Saya ditelepon sama mbak2 yang suaranya sangat kece, merduuu banget kayak suara mbak2 yang di bank2 gitu. Mbak itu mengaku berasal dari PT J*GA*AMA dan bilang bahwa “kami sudah menerima lamaran anda untuk posisi Management Trainee. Mbak bisa interview besok apa senin?”. Dalam hati saya sudah berkecamuk itu, ada sedikit kejanggalan dalam kasus ini, hari sabtu kok masuk ya? Karena belum sepenuhnya sadar, ya udah deh saya bilang aja hari senin bisanya. Terus saya catet alamat kantornya yang ternyata berada di daerah sudirman tepatnya di PR*DEN*IAL tower lt. 22. Tentu senang tiada terkira bukan, pagi2 udah dapet panggilan kerja walopun seinget saya gak pernah ngirim lamaran ke perusahaan ini. Langsung deh saya gugling tentang perusahaan itu dan apa yang terlihat sodara2, di kaskus sudah ada beberapa thread tentang reputasi perusahaan ini. Dan ternyata namanya adalah PT JALA*AMA bukan JAGA*AMA ha2 maklum lah baru bangun tidur langsung di telepon ya begitu jadinya.  Katanya sih perusahaan ini adalah perusahaan di bidang forex, index gitu dan beberapa kaskuser bilang katanya yang masuk sana akan dapet bagian yang masih berhubungan dengan marketing2.

Oia, ada juga group perusahaan gitu namanya AP*CO dengan modus yang sama tapi mungkin bergerak di bidang yang berbeda. Terus ada juga yang nyumbang satu perusahaan lagi namanya PT SO*ID.

Beberapa kaskuser juga ada yang udah sempet datengin perusahaan2 itu dan mereka ngerasa rugi banget karena udah ngeluarin ongkos yang mungkin akan lebih baik buat jajan bakso. Alhamdulillah..saya belum sempet datengin perusahaan2 itu. Sekali lagi hati2 ya guys..jangan sampai kalian kadung patah hati.

mm..mungkin ada sedikit tips simple dari saya biar gak terjebak sama perusahaan model beginian. Walopun belum teruji secara teoritis tapi mungkin sedikit bisa membantu buat jaga2. Tips dari saya, cari lowongan yang cara penulisan lowongannya biasa aja karena sejauh pengamatan saya, perusahaan yang aneh2 begitu  biasanya nulis lowongannya juga dengan cara yang aneh2 kaya dicantumin benefitnya kerja disana apa aja, misalnya dapet jamsostek, uang lembur, uang transport, uang makan, dll. Perusahaan yang bonafid biasanya gak perlu nyantumin hal2 kaya gitu karena mereka lebih percaya diri. Ya iyalah, tanpa nyantumin benefit nya juga orang pasti berbondong2 kesitu. Misalnya kaya lowongan2 di BUMN, begitu kita buka page nya aja bisa langsung merinding disco baca bahasanya yang mempesona(RED:full english).

The least, I wanna say so much and big thanks to kaskuser yang udah bikin thread yang sangat bermanfaat dan mencegah saya untuk capek2 ke TKP. Rabb kita Maha Melihat dan Mendengar, dan doa orang yang perasaannya teraniaya tentu mujarab bukan? jadi mari kita berdoa semoga kita diberi rejeki yang lebih besar lagi. Jangan patah semangat broer, karena globalisasi tak mau menunggu orang yang hanya sibuk mematah-matahkan semangatnya sendiri.

Cheers!!!

Sekian

Wassalaamu'alaykum

*in my past memory PT JAGA yang ternyata PT JALA, Prudential Tower Lt 22, Sudirman- Jakarta

36 comments:

  1. Ini Seninya bu..
    Klo lempeng2 aja mah ga ada serunya,
    tetap Semangat,
    Luruskan Niat sempurnakan Ikhtiar..

    ReplyDelete
  2. Hati - hati dengan appco, rc corporation, skylar direct, dkk. itu ujung2 nya jadi MLM. Terus, jangan pernah mau nerima dari perusahaan Futures (perusahaan pialang saham), karena nanti ujung - ujungnya disuruh nyari orang yang mau maen saham, gaji kita itu bukan dari gaji pokok, tapi dari komisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung saya belum jd apply disitu gan. Trima ksh utk infonya. :)

      Delete
  3. waaah, untung baca ini. thanks ya infonyaa.. di jobstreet emang ga semua perusahaan bener, yah contohnya itu jalatama wktu itu sempet mau apply untung ga jadi. tapi besok aku dipanggil ke RC Corporation sama wisdom regency. alhamdulilah deh abis baca blog ini sama kaskus hati memutuskan untuk ga jd dateng.. hahahaha

    fresh graduated sih fresh graduated tapi kalo jadi sales juga mikir yaaa... mending perusahaan bener. udh perusahaan ga jelas, jenjang karir ga ada, amit amiit yaaaa naudzubillah mindzalik...
    semoga allah senantiasa melindungi kita. tetap berusaha dan semangaaat.. :) :)

    salam kenal yaaa :)

    ReplyDelete
  4. thanks ya infonyaa... ternyata iklan di jobstreet juga ga smuanya aman yaa.. ckckck..

    ReplyDelete
  5. Duh itu yg ap*co sama r* corporation emang MLM yah? Td saya abis interview di ap*co trus lolos gitu bsk final test
    Dan gak lama dr rc c*poration jg telpon buat interview
    Help me,,help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak apakah jadi ambil di appco/rc corp? saya bsk ada interview disana. mohon info dan sarannya ya, terima kasih banyak.

      Delete
    2. mba gmn interview disana ? saya bsk ada panggilan interview disana.

      Delete
  6. makasih bngt nih agan2 infonya sangat bermanfaat banget,hampir aja ketipu...
    hahahaha...

    ReplyDelete
  7. makasih bngt buat informasinya,untung aja dibaca2 dulu.
    soalnya ane udh smpet ikut interviewnya...
    makasih bngt deh buat agan2 smua,informasinya bermanfaat sangat.

    ReplyDelete
  8. Aku baru baca ini untung cari informasi dlu. Makasih banget, bsk aku di panggil interview di R*corp

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah banget aku search dlu. Aku bsk ada panggilan interview di R*Corp

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah masih di tolong Allah SWT, untung ketemu blog ini, besok ada panggilan dari R* Corp, huft sayang banget buang uang untuk ongkos, bener mending uangnya buat jajan bakso :)

    ReplyDelete
  11. Never try never knows guys... just a simple opinion. Apa yang tidak membuat orang lain berhasil belum tentu membuat kita tidak berhasil. So, don't prejudge.

    Just a free opinion from a free person

    ReplyDelete
  12. terimakasi banget infonya saya baru aja di tlp sama rcc,besok interview disana alhamdulillah baca blog ini :D

    ReplyDelete
  13. Waduh saya lg duduk nunggu interview...ahhh salah posisi saya nyari pas udh duduk dsni

    ReplyDelete
  14. gile ya Ap*co group (R* corp) korbanya udh banyak, Alhamdulillah masih dilindungi Allah..

    ReplyDelete
  15. Ya ampuunn untung aja aku baca blog ini dulu.. Baruuu bgt tadi aku dapet panggilan interview dr r*corp.. Aku ga jadi dateng deh.. Sayang bgt ongkosnyaa... Thanks yaaa :)

    ReplyDelete
  16. Kamfret.tlt ane bacanya.sangking senengnya ada panggilan langsung brangkat dari jawa k jkt.ini lg duduk buat nunggu interview k 2.udah dalem kantor.deg2an kirain prusahan bnr.apes dah....kita lihat nanti hasilnya kaya gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak interview yg kedua di r* corps bukan? Gmn hasilnya?
      Saya hari ini dsuruh dteng untuk interview kedua, tapi saya cancel..

      Delete
  17. Mas Balad Vixion, udh gmn skrg???ketrima kerja dimana???sharing dong...soalnya sy senin di interview di RC Corp.

    ReplyDelete
  18. huaa.. nyesel kemarin apply di jobstr3t walaupun langsung di withdraw tapi tetep aja ditelpon buat interview besok. kalau MLM mah gue ogah banget.. datang gak ya T-T

    ReplyDelete
  19. barusan juga dapat panggilan dr RC CORPORATION (GAK PERLU PAKE INISIAL DAN BINTANG2, HEHE)..disuruh datang besok jam 2 siang, terus sy bilang bsk gak bisa kalo bisa ganti jumat. terus si NONI yg ngakunya HRD bilang pura2 ngecek jadwal managernya yang katanya mau interview langsung. terus gak lama dia bilang BISA dong. curiga punya curiga, ternyata di internet banyak yang bilang penipuan.

    kalo dapat panggilan memang sebaiknya searching2 dlu perusahaannya real apa gak. karna sekarang banyak bgt modus penipuan yang main bersih. beware teman2. sebelumnya, makasi byk untuk blog ini yg udah share. semoga para job hunter cepat dpt pekerjaan yg sesuai harapan.

    ReplyDelete
  20. wah alhamdulillah baca blog ini dan komen temen2 semua. minggu depan ada panggilan interview ke rc blablabla. jadi berpikir untuk ga dateng. aaagi kan mayan ongkosnya dari denpasar. bener ya, jadi merasa ketipu sama iklannya yang judulnya MT. huhuhu

    ReplyDelete
  21. ty bgd inpoh nya..
    lain kali ga mau apply sembarangan lah..hehe

    ReplyDelete
  22. Pas bgt aku juga bru dpt panggilan interview sama RC Corp..
    Kaya gni bahasa nya..

    Dear,

    CONGRATULATIONS !!!

    You are invited to the first interview, that will be
    held on
    :

    Friday, 7 August 2015
    11. 00 WIB
    Gd. Grand Marga lantai 3
    Jl. Marga Guna Raya no. 9
    Pondok Indah, Jakarta Selatan
    (satu gedung dengan Toko Kue Clairmont)

    Please bring your CV (print out), Copy ID, Pas Photo 3x4 and wear professional dress, it will be plus points for you.




    Regards,
    Nami
    HR Manager
    021 720 7148/9
    08 777 664 5595

    ReplyDelete
  23. Untung aja baca dulu informasi tentang RC Corp. saya baru aja dapet panggilan interview dan ketemu blog ini. Alhamdullilah Allah masih sayang sama sayaaaa :"") makasih yaaaaa mimin yang udah nulis blog ini :"")

    ReplyDelete
  24. Waaah.. untung sy searching google dl.. siang td dapet email dari mataram group, sore ini dapet dari rc corp.. dan email nya sama persis kyk mbak sisil tuh.. wah ini perusahaan abal2.. ati2 yah ssmuaanya

    ReplyDelete
  25. saya kemarin di panggil interview. ini perusahaan marketing bukan MLM, saya yang undang interview HRD nya, kalo MLM kan biasanya dari membernya yang hubungin langsung. Ga ada salahnya kok di coba.
    HRD nya ramah banget, ga pernah sebelumnya di di sambut seramah ini di kantor lain pas buat interview. Saya lagi nunggu kabar lagi, semoga diundang ke tahap selanjutnya.

    Mungkin emang ada yang gagal, tp siapa tau ini bagus buat saya dari pada menganggur.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah, hari ini dapat 2 email sekaligus, dari RC Corporation sama North Kingdom Group.
    senang rasanya mendapat angin segar buat interview, tapi setelah baca blog ini saya tercerahkan, thanks God. baru berencana me-reschedule jadwal interview dan berangkat dr jawa timur ke jkt (jauh ya).
    Alhamdulillah, lebih selektif dan cari referensi dulu guys. semoga Allah melancarkan rezeki kita. amiinn

    ReplyDelete
  27. Thanks god and thanks to you bloggers,,untung googling2 dlu dan ternyata dpt review'a dr tmn2..fiuh utg ga sempet kena jebakan batman ya. Kaget aja tetiba dpt pnggilan interview bsk dr RC Corporation tp dpt d email. Utgnya email jg ga trllu aktif d buka2. Tp aneh aja gt klo perusahaan bnr tu biasanya tlp lgsg, ni mh ga. Dan pertama kali dpt pnggilan interview tp d email aja???? Trus ga jls jg c ttg brg yg d jual atau yg dihasilkn dr prushaan ini, makanya ngerasa aneh dan curiga. Sekali lg makasi ya teman2 (^_^)

    ReplyDelete
  28. Gue jg barusan dpt email dr rc corp.. Trnyata di jadiin sales .. ������

    ReplyDelete
  29. Gw barusan jg dpt email dr rc corp., untung buka google.. Dan tau deh itu rc corp apaan

    ReplyDelete
  30. Mau nanyaa dong North Kingdom juga samaa yaab penipuan juga?

    ReplyDelete
  31. Ngeriii ... Barusan pun aku dapatlah panggilan Dr rc corp .... Terus dikasih website .. Pasbuka websitenya anehh .. Googling dapat pencerahan deh ... Makasih ya ... Mesti hati2 ni, padahal udh seneng banget ... Lama aply di jobstreet baru ada panggilan ...

    Salam kenal.

    ReplyDelete
  32. SO HELPFUL! Meski perusahaan yang saya sempat taksir itu gak dibahas sama mbak dalam postingan ini, tapi para commenter benar-benar membantu saya untuk gak kena jebakan batman. Makasih banyak mbak atas unggahannya ini, Alhamdulillah membantu :)

    ReplyDelete

Give your opinion..